Pusat Dokumentasi & dan Jaringan Informasi Hukum Nasional

Selamat Datang di Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional - BPHN

Friday, February 22 2019

KIOS JDIH MENJADI BAGIAN GOOGLE HUKUMNYA INDONESIA

(21/2) GERAKAN MEMBUAT JARINGAN DOKUMENTASI DAN INFORMASI HUKUM (JDIH) TERINTEGRASI BERSAMA KEPALA BPHN DAN BUPATI GARUT

“Pada jaman dulu ketika kita mencari dokumen hukum, kita akan pergi ke ruangan yang biasanya berada di belakang dengan tumpukan buku yang tidak jauh berbeda seperti gudang, berada di bawah tangga dan harus membuka satu persatu untuk di-fotocopy. Sekarang konsep pengelolaan dokumen hukum sudah bergeser sehingga ketika kita mencari dokumen hukum tinggal buka hp dan ‘klik’ akan kita temukan dokumen yang kita cari, semua dokumen berbasis teknologi informasi” demikian cuplikan sambutan Bupati Garut H.Rudi Gunawan, SH, MH.MP dalam kegiatan Sosialisasi dan Launching Kios JDIH Kabupaten Garut.

Kegiatan Sosialisasi dan Launching yang dihadiri langsung oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Prof. DR H.R Benny Riyanto, SH. CN. MH beserta jajaran menjadi bagian rangkaian Hari Ulang Tahun Kabupaten Garut ke-206 diikuti oleh seluruh SKPD dan camat di Kabupaten Garut.

Pada kesempatan Sosialisasi Prof. Benny sapaan akrab Kepala BPHN memberikan arahan … “Dalam rangka melakukan percepatan dalam mewujudkan JDIHN yang operasional secara efektif sebagai portal pencarian dokumen hukum dan basis data dokumen hukum yang mudah diakses, lengkap, akurat dan terpercaya, BPHN telah menyusun kebijakan terbaru dalan bentuk kegiatan prioritas yaitu percepatan keanggotaan, pembenahan sistem / aplikasi, integrasi data anggota JDIH, pengembangan basis data nasional dokumen hukum serta promosi dan kampanye JDIHN”…

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Kepala BPHN, Bupati Garut membuat gerakan JDIH terintegrasi dengan membuat data base peraturan perundang undangan yang terintegrasi melalui inovasi Kios JDIH dengan berisi seluruh dokumen hukum Kabupaten Garut dari peraturan perundang undangan, naskah akademik, buku hukum, Mou, Data Kerjasama, peraturan desa dan dokumen hukum lainnya. Semua diwujudkan melalui partisipasi dari Anggota JDIH Kabupaten Garut. Akses Kios JDIH Garut bisa diakses melalui alamat jdih.garutkab.go.id.
Kedepan Kios JDIH ini akan menjadi Database Dokumen Hukum dan bagian google hukumnya Indonesia. (YAY)